Untuk memenuhi kekurangan Penyuluh Pertanian di Provinsi Sumatera Selatan, untuk yang kedua kalinya Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan merekrut Pendamping Peningkatan Ekonomi Pertanian (PPEP) yang berjumlah 400 orang dan ditempatkan di Desa/Kelurahan Kabupaten Kota yang masih kekurangan tenaga penyuluh pertanian.
Tenaga PPEP ini akan mendampingi dan membina petani agar dapat melakukan perencanaan, budidaya, panen & pasca panen, pengelolaan alsin yang baik serta membantu petani dalam mengakses permodalan.
Sehingga diharapkan hasil produksi panen petani Sumsel dapat meningkat. Begitu juga dengan kualitas produk yang didapat memenuhi standar mutu yang diharapkan. Rekrutmen tenaga PPEP ini juga diyakini akan kian menguatkan posisi Sumsel sebagai daerah penghasil pangan di Indonesia.
A. Formasi yang dibutuhkan :
NO. | KODE FORMASI | NAMA FORMASI | JENJANG PENDIDIKAN |
---|---|---|---|
1. | PP | PENDAMPING PENYULUH PERTANIAN | SMK/D3/S1/D4 PERTANIAN |
B. Persyaratan :
- Warga Negara Indonesia berdomisili di Sumatera Selatan (Sumsel) dibuktikan dengan KTP;
- Sehat jasmani dan rohani;
- Berusia maksimal 35 tahun pada saat pendaftaran;
- Tidak terikat kontrak kerja dengan instansi atau lembaga lainnya;
- Sehat dan bebas narkoba yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah;
- Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan surat keterangan kelakuan baik dari kepolisian;
- Mempu mengoperasikan komputer;
- Memiliki dan mampu mengoperasikan handphone (HP) android; dan
- Memiliki SIM C;
- Bersedia ditempatkan di desa/kelurahan seluruh wilayah kerja provinsi Sumatera Selatan;
- Diutamakan berdomisili di kabupaten/kota yang kekurangan penyuluh pertanian.
C. Kualifikasi Pendidikan :
- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertanian;
- D3/D4/S1 Program Studi Penyuluh;
- S1 Pertanian.
D. Tata Cara Pendaftaran :
Persiapan Sebelum Mengajukan Lamaran
- Proses awal registrasi lamaran melalui situs http://bpu.unsri.ac.id/pertanian. Proses ini dilakukan sepenuhnya oleh pelamar. Untuk mengurangi kesalahan, pelamar diminta untuk mempersiapkan seluruh data dan dokumen pendukung yang diperlukan.
- Sebelum melakukan registrasi online siapkan dokumen hasil scanning dengan format JPG maksimum 200 KB untuk foto dan format PDF untuk file lainnya dengan masing-masing file maksimum berukuran 3 MB data-data sebagai berikut :
- File Utama
- Surat Lamaran.
- Surat Pernyataan bermaterai Rp 6.000,- yang menyatakan tidak sedang terikat kontrak kerja dengan instansi lain baik pemerintah maupun swasta.
- Pas foto berwarna ukuran 4x6 cm 1 (satu) lembar menggunakan kemeja putih latar belakang merah.
- Kartu Tanda Penduduk (KTP) di wilayah kerja kecamatan.
- Kartu Keluarga (KK) diwilayah kerja kecamatan.
- Foto copy ijazah dan transkrip nilai dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang dengan tanda tangan asli dan stempel basah instansi yang berwenang.
- Asli surat keterangan sehat jasmani dan rohani serta bebas narkoba dari rumah sakit pemerintah.
- Curriculum vitae / daftar riwayat hidup, dibuat dalam 1 (satu) file PDF.
- Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
- SIM C
- File Pendukung
- Surat Pengalaman kerja (jika ada), dibuat dalam 1 (satu) file PDF. (yang dapat terdiri lebih dari 1 surat pengalaman kerja).
- Sertifikat training/kompetensi (jika ada), dibuat dalam 1 (satu) file PDF.
- Piagam penghargaan, dibuat dalam 1 (satu) file PDF.
- File Utama
- Disarankan untuk melakukan pendaftaran, tidak pada jam sibuk atau pada tempat umum (warnet / wi-fi) yang kecepatan akses internetnya tidak Anda ketahui.
- Pelamar hanya dapat melamar melalui situs resmi rekrutmen calon Pendamping Peningkatan Ekonomi Pertanian pada laman web http://bpu.unsri.ac.id/pertanian dengan mengikuti petunjuk pendaftaran.
- Pelamar diwajibkan menggunakan komputer untuk melakukan registrasi online dengan akses internet yang cepat dan stabil.
- Pelamar agar mempersiapkan terlebih dahulu dokumen yang dibutuhkan untuk memudahkan dalam melakukan registrasi online.
- Peserta melakukan pendaftaran secara online, meng-input biodata diri.
- Setiap pelamar hanya diperbolehkan mendaftar 1 ( satu ) bidang keahlian.
E. Registrasi Online
- Siapkan seluruh data yang diperlukan.
- Lamaran hanya melalui registrasi online melalui situs http://bpu.unsri.ac.id/pertanian
- Cari tingkat dan bidang/jurusan pendidikan yang akan Anda lamar dan isilah formulir yang disediakan.
- Saat pengisian pastikan untuk mengisi formulir dengan benar dan lengkap sesuai petunjuk. Kesalahan pengisian sehingga terjadi ketidaksesuaian dengan dokumen lamaran yang diupload dapat mengakibatkan ketidaklulusan pada tahap verifikasi dokumen.
- Setelah mengisi formulir aplikasi dan mengirimkannya secara online, pelamar akan mendapat user name dan password melalui email yang akan digunakan untuk melakukan login preliminary tes dengan jadwal yang sudah ditentukan..
- Pelamar wajib mengisi aplikasi dengan data/informasi yang sebenar-benarnya karena data ini yang akan dicocokkan pada saat verifikasi dokumen pelamar.
- Pelamar hanya diperkenankan memilih satu bidang keahlian. Untuk itu pastikan anda memilih kualifikasi pendidikan yang sesuai, serta menuliskan semua data dengan benar sebelum menekan tombol PROSES.
- Anda wajib melakukan login ke dashboard panel Anda, sesuai dengan alamat akses dan akun yang diberikan.
- Masa registrasi online adalah tanggal 19 Agustus 2021 sampai dengan 24 Agustus 2021 pukul 23.59 WIB.
F. Lain-lain
- Peserta yang melamar tidak secara online tidak dapat diproses dalam sistem rekrutmen.
- Pengumuman hasil tiap tahapan tes dilakukan secara online, masing-masing peserta dapat melihat pengumuman hasil tesnya dengan login menggunakan username dan password yang telah diberikan.
- Tidak ada korespondensi berkaitan dengan rekrutmen ini dan keputusan tim rekrutmen pegawai tidak dapat diganggu gugat.
- Tidak dipungut biaya apapun dalam mengikuti seleksi yang diselenggarakan.
- Tidak ada pergantian biaya akomodasi dan transportasi yang berkaitan dengan pelaksanaan seleksi. panitia tidak bertanggung jawab atas kerugian yang ditimbulkan akibat penipuan yang mengatasnamakan Panitia.
SILAHKAN KLIK DI SINI UNTUK MELAKUKAN PENDAFTARAN ONLINE.